KAI Services mencatatkan capaian signifikan dalam upaya pelestarian lingkungan. Selama periode Januari hingga Juni 2025, KAI Services berhasil mengurangi 3.885 kilogram sampah plastik melalui program penggantian alat makan berbahan plastik menjadi wooden cutlery atau alat makan berbahan kayu pada layanan Kuliner Kereta di atas kereta api.
Sebanyak 1.295.207 set alat makan plastik telah digantikan dengan alat makan kayu yang lebih ramah lingkungan. Inisiatif ini merupakan bentuk nyata komitmen KAI Services dalam mengurangi limbah plastik sekali pakai serta mendukung prinsip konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab sebagaimana tercantum dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).
"Pengurangan hampir 4 ton sampah plastik ini adalah bukti nyata kontribusi kami dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di sektor transportasi publik. Kami ingin memastikan bahwa setiap layanan yang kami hadirkan tidak hanya memberikan kenyamanan bagi pelanggan, tetapi juga ramah terhadap bumi," ujar Rachman Firhan, VP Corporate Secretary KAI Services.
Penggunaan alat makan kayu memiliki keunggulan karena dapat terurai secara alami, berbeda dengan plastik yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai. Program ini juga sejalan dengan transformasi layanan KAI Services yang semakin mengedepankan kualitas, kebersihan, dan tanggung jawab lingkungan.
Langkah ini memperkuat posisi KAI Services sebagai bagian dari ekosistem yang aktif mendukung gerakan keberlanjutan dan membangun transportasi publik yang lebih hijau dan berkesinambungan.
