Menyambut Angkutan Lebaran 2025, KAI Services mengajak para penumpang yang akan mudik menggunakan kereta api untuk berpartisipasi dalam gerakan Mudik Minim Sampah, sejalan dengan himbauan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kampanye ini bertujuan untuk mengurangi jejak sampah selama perjalanan, terutama di stasiun dan dalam kereta api.
Sebagai perusahaan yang
bertanggung jawab atas layanan kebersihan di lingkungan transportasi kereta
api, KAI Services berkomitmen menciptakan perjalanan yang lebih nyaman dan
ramah lingkungan.
KAI Services menghimbau
agar pemudik membawa tas belanja sendiri guna mengurangi penggunaan kantong
plastik saat berbelanja selama perjalanan. Selain itu, disarankan menggunakan
tumbler pribadi sebagai tempat minum untuk mengurangi penggunaan botol plastic
sekali pakai. Saat ini di beberapa stasiun telah tersedia fasilitas air minum
isi ulang yang dapat dimanfaatkan oleh penumpang.
Tak lupa juga membawa
peralatan makan sendiri untuk mengurangi sampah dari alat makan sekali pakai.
Selain itu, produk-produk makanan dan minuman dari Kuliner Kereta, salah
satu unit bisnis KAI Services, telah menggunakan alat makan berbahan kayu yang
lebih ramah lingkungan sebagai pengganti plastik sekali pakai.
Kurangi
Sisa Makanan dan Pilah Sampah. Pemudik
dihimbau untuk menghabiskan makanan dan minuman yang mereka bawa atau beli
selama perjalanan agar tidak ada sisa yang terbuang sia-sia.
Selain itu, diharapkan
para penumpang memilih dan membuang sampah sesuai dengan jenisnya di tempat
sampah yang telah disediakan. KAI telah menyediakan tempat sampah organik dan
anorganik di berbagai titik strategis di stasiun untuk memudahkan pemudik dalam
membuang sampah dengan benar. Tim kebersihan KAI Services senantiasa bersiaga
selama periode mudik untuk memastikan kebersihan tetap terjaga, baik di area
stasiun maupun dalam perjalanan kereta api.
Untuk mendukung
pengelolaan sampah yang lebih baik, kantong sampah yang tersedia di kursi
penumpang kini menggunakan bahan kertas yang ramah lingkungan, menggantikan
plastik konvensional.
KAI Services mengajak
masyarakat untuk membagikan aksi ramah lingkungan mereka selama mudik dengan
tagar #MudikMinimSampah
Menurut Vice President
Corporate Secretary, Rachman Firhan, kebersihan adalah tanggung jawab bersama. "Kami ingin menciptakan pengalaman mudik yang lebih nyaman dan
bersih bagi seluruh pengguna transportasi kereta api. Dengan dukungan dari para
pemudik, kita bisa mewujudkan mudik yang lebih hijau dan minim sampah," ujar Firhan.
Firhan juga menambahkan
bahwa partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola sampah selama perjalanan
sangat penting. "Setiap orang memiliki peran dalam menjaga kebersihan lingkungan,
termasuk saat bepergian. Dengan membawa peralatan makan sendiri, mengurangi
sampah plastik, serta membuang sampah pada tempatnya, kita bisa menciptakan
mudik yang lebih bersih dan nyaman untuk semua,"jelasnya.