Dalam rangka meningkatkan dan
memajukan serta memberikan manfaat ekonomi kepada para pelaku UMKM agar
produknya bisa lebih menjangkau pembeli yang lebih luas, KAI Services dan BANK
BNI melakukan kerjasama dan kolaborasi mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) disektor produksi serta penyediaan makanan dan minuman.
Lewat perjanjian kerjasama, KAI
Services dan Bank BNI menandatangani nota kerjasama (MOU) saat pelaksanaan perayaan ulang tahun KAI Services
ke 21 di Plataran Kinandari, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada selasa (2/7).
Penandatanganan dilakukan oleh Director of Consumer Business KAI Services, Lies
Permana Lestari dan Bank BNI diwakili oleh Muhammad Safri Hidayat, Pemimpin
Divisi Retail Productive Banking.
Dalam kolaborasi ini nantinya
akan dilakukan sebuah pemberdayaan dan peningkatan usaha UMKM binaan Bank BNI
disektor produksi dan penyediaan makanan dan minuman. Selain itu, Bank BNI juga
akan memberikan nama UMKM-UMKM yang menjadi binaan Bank BNI yang telah memiliki
reputasi yang baik dalam menjalankan usahanya dan mendapatkan rekomendasi dari
Bank BNI kepada KAI Services.
Dalam kolaborasi KAI Services dan
Bank BNI ini juga akan memberikan fasilitas penyediaan produk makanan dan
minuman UMKM binaan Bank BNI pada On Board Service kereta api yang
dijalankan oleh KAI Services.
"Nantinya penumpang kereta api dapat membeli
produk-produk makanan dan minuman dari UMKM binaan BANK BNI ini diatas kereta.
Ini tentu saja akan memberikan manfaat ekonomis untuk para pelaku UMKM disektor
produksi yang berfokus pada penyediaan
makanan dan minuman"ujar Lies Permana Lestari.
Untuk memastikan makanan dan minuman dari UMKM di sektor produksi ini memenuhi syarat dan rekomendasi, Bank BNI juga mewajibkan pelaku UMKM binaannya yang sudah memenuhi persyaratan agar dapat menjadi mitra penyediaan produk makanan dan minuman di KAI Services. "Jadi nantinya produk-produk UMKM yang dijual diatas kereta ini adalah produk-produk yang sudah memenuhi standar dari Bank BNI yang membina UMKM ini."Ujar Lies.