Post image

Dukung Operasional LRT Jabodebek, KAI Services Siapkan Tenaga Kebersihan dan Satuan Pengamanan Profesional

28 August 2023 / BY Humas KAI Services / IN news

Mulai senin hari ini (28/8) LRT Jabodebek akan mulai beroperasi. Masyarakat yang ingin naik LRT Jabodebek sudah bisa mencoba naik moda transportasi yang melayani 18 stasiun ini. KAI Services mendukung keberadaan operasional LRT Jabodebek dengan menyiapakan tenaga satuan keamanan profesional yang siaga menjaga stasiun dan menjaga keamanan penumpang di dalam LRT serta tenaga petugas cleaning yang bertugas mulai dari menjaga kebersihan stasiun hingga kebersihan unit LRT Jabodebek.

Dari sisi kebersihan stasiun dan kereta LRT Jabodebek, KAI Services menyediakan petugas Cleaning sebanyak 426 personil yang terdiri dari beberapa bagian yakni Kebersihan dan Keindahan Stasiun (K2), tenaga On Trip Cleaning (OTC) dan tenaga Cuci Kereta (Cuker). Semua personil ini disebar di 18 stasiun yang dilewati LRT Jabodebek. 
Sementara untuk tenaga satuan keamanan, KAI Services saat ini sudah menyiapkan 243 personil tenaga satuan keamanan yang disebar di beberapa lokasi diantaranya di 18 stasiun LRT, kantor UPT Taman Mini, Gedung OCC, dan Kantor Bekasi.

Menurut Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan, KAI Services sudah menyiapkan dukungan untuk operasional LRT Jabodebek baik untuk tenaga Satuan Keamanan maupun untuk petugas kebersihan dan mereka ditempatkan di stasiun-stasiun LRT Jabodebek. "Kita sudah siapkan dukungan untuk tenaga satuan keamanan dan cleaning untuk membuat penumpang merasakan kenyamanan dengan stasiun dan kereta yang terjaga kebersihannya serta keamanan penumpang juga kita perhatikan dengan hadirnya tenaga satuan keamanan KAI Services" ujar Firhan. 

Sebagai tambahan informasi, Nantinya akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Dimana kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang.


Total ada sebanyak 31 trainset (rangkaian kereta) akan disiapkan, dengan rincian guna keperluan operasional terdapat 27 trainset (rangkaian kereta), serta sebanyak 4 trainset (rangkaian kereta) akan digunakan sebagai cadangan. Setiap trainset (rangkaian kereta) LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta.

LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.