Post image

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, KAI Services Hadirkan UMKM Fest 2023 di Atas Kereta

15 May 2023 / BY Humas KAI Services / IN news

Buat para penumpang kereta api yang ingin merasakan nuansa festival UMKM di atas kereta, KAI Services akan menggelar acara UMKM Fest 2023 yang akan berlangsung mulai tanggal 17 Mei hingga 21 Mei 2023. Di UMKM Fest 2023 ini, para penumpang setia kereta api bisa menikmati aneka jenis produk kuliner unggulan dari UMKM  binaan PT KAI (Persero) serta produk UMKM eksisting KAI Services yang selama ini sudah dikenal penumpang kereta api seperti Tekwan, Odeng, Cuanki Ciomy

UMKM Fest 2023 yang digelar dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei ini ingin memanjakan para penumpang kereta api sekaligus pecinta kuliner kereta terutama produk-produk UMKM untuk dapat membeli langsung produk kuliner UMKM didalam perjalanan kereta

Kegiatan yang digagas unit Restaurant On Train, Sales & Marketing KAI Services ini sendiri memiliki tujuan untuk memberikan value, dan meningkatkan engagement kepada pelanggan, dengan menghadirkan UMKM binaan KAI di Kereta. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memberikan experience lebih kepada pelanggan untuk mencoba kuliner UMKM di kereta serta memperkenalkan UMKM binaan KAI ke masyarakat khususnya penumpang kereta api.

Ada 4 Kereta Api (KA) yang ikut ambil bagian dalam kegiatan UMKM Fest 2023 ini yakni, KA Argo Wilis, KA Lodaya, KA Brawijaya, KA Gumarang.

Sementara itu, Ada 5 UMKM binaan KAI di bidang kuliner yang dihadirkan di kereta makan, dan 3 UMKM yang produknya sudah ada di kereta dengan penawaran paket menarik sehingga penumpang kereta api dapat membeli langsung produk-produk UMKM dengan berbagai pilihan. Paket-paket menarik yang ditawarkan adalah Paket Spesial Ciomy, Paket Spesial Odeng, dan Paket Spesial Tekwan.

UMKM-UMKM unggulan binaan KAI yang ikut ambil  bagian dalam UMKM Fest 2023 ini antara lain, Lestari yang menghadirkan produk Makaroni original. UD Hikmah yang menghadirkan produk Tempe Kemul. Telemoyo Putra yang menghadirkan produk Slondok & Keripik Kentang. Ada juga PD. Nusasari yang menghadirkan produk Basreng dan Seroja Peyek.

Sementara untuk KAI Services juga tidak ketinggalan dengan menghadirkan produk-produk UMKM eksisting yang selama ini sudah dikenal penumpang kereta api seperti Tekwan, Odeng, Cuanki Ciomy.

Untuk cara pembayarannya, penumpang kereta api dapat memilih dua opsi yakni dapat dilakukan di atas kereta melalui crew KAI Services yang bertugas dan dapat melakukan pembayaran non tunai melalui Qris.

Untuk konsep dalam UMKM Fest 2023 ini nantinya disetiap kereta tersedia 5 macam produk UMKM, Paket Special Ciomy. Kereta makan di tiap KA yang ikut ambil bagian nantinya akan dihadirkan berbagai ornamen seperti bendera, kotak kayu, meja makan penumpang nantinya akan diletakan 6 pcs keranjang yang berisi produk-produk UMKM. Para penumpang kereta api nantinya akan merasakan ambience seperti berada dalam festival UMKM sambil menikmati perjalanan diatas kereta.

Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan, mengatakan, KAI Services turut hadir dalam mendukung kebangkitan UMKM serta ikut bergerak bersama UMKM  untuk membangkitan perekonomian masyarakat. "KAI Services ikut ambil bagian dalam mendukung roda perekonomian Indonesia melalui  UMKM-UMKM dengan membantu memperkenalkan dan menjual produk-produk UMKM di atas kereta" ujar Firhan.