Post image

Sudaryanto, Sosok Petugas Cleaning yang Mengembalikan Uang Rp. 40 juta milik Penumpang

21 January 2023 / BY Humas KAI Services / IN news

Nama Sudaryanto, petugas Cleaning Service yang sehari-hari bertugas di Stasiun Tugu, Yogyakarta, menjadi perbincangan netizen berkat aksi jujurnya mengembalikan uang milik penumpang kereta api sejumlah 40 juta. Berkat sikap jujurnya, Sudaryanto yang merupakan pegawai cleaning di Branch Office 6 Yogyakarta mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari KAI Services sebagai Akhlak Memorable Champion, kategori Amanah.

Pemberian penghargaan untuk Sudaryanto diserahkan langsung oleh Direktur Utama KAI Services, Asdo Artriviyanto beserta jajaran direksi dan berlangsung di sela-sela acara Rapat Kerja (Raker) KAI Services di Hotel Aston Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sudaryanto menceritakan, peristiwa itu terjadi hari Sabtu (21/1/2023) ketika ia tengah mengepel lantai di depan mesin ATM, kemudian melihat ada tas dekat dengan loket pembelian tiket. Saat itu kondisi ruangan tengah kosong tidak ada penumpang.

"Jadi saat itu saya lihat kiri kanan sudah tidak ada orang lagi. Tas-nya kemudian saya ambil dan saya serahkan ke petugas keamanan" ungkap Sudaryanto.

Lebih lanjut Sudaryanto mengaku tidak berani membuka tas selempamg tersebut karena bukan miliknya. Ia memilih langsung menyerahkan ke petugas keamanan yang saat itu sedang bertugas di Stasiun Tugu, Yogyakarta, untuk diserahkan ke pemiliknya. Ia tidak menyangka ketika mengetahui isi tas tersebut ternyata uang sebanyak Rp44.108.000 serta satu buah handphone.

Atas temuan tersebut, kemudian petugas keamanan berkoodinasi dengan announcer stasiun untuk memberikan pemberitahuan.Tidak lama berselang pemilik aslinya mendatangi Pos Pengamanan dan barang pun dikembalikan dalam keadaan utuh. Barang tersebut dikembalikan dalam kurun waktu yang singkat, tidak sampai 40 menit.

Sudaryanto, 38 tahun, merupakan warga asal Biru, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ia sehari-hari bekerja sebagai petugas kebersihan di Stasiun Tugu Yogyakarta. Pria sederhana ini memiliki prinsip bahwa barang yang ditemukan bukan miliknya dan harus dikembalikan ke pemiliknya.

Ia bercerita, tidak hanya uang yang pernah ditemukan, barang-barang mulai dari charger handphone hingga power bank sering ia temukan di area Stasiun Tugu, Yogyakarta. Namun barang-barang tersebut ia serahkan ke petugas keamanan yang bertugas untuk dikembalikan kepada pemiliknya. "Baru pertama ini nemu uang, sebelumnya sering kayak power bank selalu saya berikan pos keamanan. karena kalau bukan milik saya pasti saya kembalikan" kata ayah 2 anak ini.

Berkat aksi kejujurannya, Sudaryanto tidak hanya mendapatkan penghargaan dari KAI Services namun juga dari ACT Consulting pimpinan Ary Ginanjar. ACT Consulting memberikan apresiasi untuk Sudaryanto berupa hadiah Umroh untuk 2 orang dan untuk anak Sudaryanto, ACT Consulting memberikan beasiswa di ESQ Business School.