Post image

KAI Services Resmikan Ruang Command Center Berbasis Teknologi Informasi

21 December 2022 / BY Humas KAI Services / IN news

KAI Services menggelar kegiatan peresmian Command Center yang terletak di Kantor Pusat KAI Services Mangga Besar tepat pada hari ini tanggal 21 Desember 2022. Keberadaan Ruang Command Center KAI Services yang berbasis Informasi Teknologi ini memiliki fungsi antara lain untuk menampilkan visualisasi data agar mempermudah pengawasan suatu data, objek, dan atau lokasi.

Dari ruang Command Center inilah nantinya KAI Services dapat melakukan kegiatan monitoring secara real time untuk mendapatkan data yang valid dan update mengenai kondisi yang terjadi di lapangan.


Selain itu, ruang Command Center KAI Services juga memiliki fungsi sebagai Interkonektivitas data agar mempermudah dan mempercepat akses data dari sumber aplikasi. Ruang Command Center juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk melakukan analisa permasalahan di lapangan berdasarkan data yang ditampilkan agar dapat mempermudah dalam mencari solusi dan juga dalam proses pengambilan keputusan.

Ruang Command Center ini diresmikan langsung oleh Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo yang hadir dalam kegiatan ini didampingi Jajaran Kantor Pusat PT KAI (Persero), serta hadir pula Direktur Utama KAI Services,Tamsil Nurhamedi, Direktur Keuangan, Muhammad Widodo, Direktur Operasional, Bambang Suliastowo dan Komisaris Independen KAI Services, Suparni.

Dalam sambutannya, Didiek Hartantyo mengatakan, Command Center yang dibangun oleh KAI Services dapat menjadi solusi bagi perusahaan untuk memantau secara langsung seluruh unit bisnis yang dijalankan KAI Services. Command Center ini menurut Didiek dapat menjadi sebuah alat kontrol untuk mengukur pelayanan KAI Services kepada seluruh pelanggan.

Didiek juga sangat mengapresiasi dan menyambut baik hadirnya Command Center ini akan dapat meningkatkan mutu dan pelayanan yang akan diberikan KAI Services kapada pengguna Kereta Api. "Semua ini dilakukan agar pelayanan PT KAI (Persero) beserta seluruh anak perusahaannya menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang" ungkap Didiek.

Sementara Direktur Utama KAI Services, Tamsil Nurhamedi,  dalam laporannya mengungkapkan, KAI Services akan terus melakukan pengembangan disegala bidang termasuk salah satunya dengan membangun Command Center ini demi pelayanan yang maksimal kepada pengguna kereta api. Hadirnya Ruang khusus berbasis informasi teknologi seperti Command Center ini  tentunya akan berperan dalam perkembangan bisnis KAI Services menjadi jauh lebih baik.

Tamsil juga menekankan jika Command Center ini dapat menjadi pusat untuk melakukan kegiatan Monitoring agar mendapatkan data yang valid dan update mengenai kondisi yang terjadi di lapangan. Command Center ini dapat menampilkan data-data secara visual yang bisa menjadi tolak ukur untuk mencari solusi bila terjadi permasalahan di lapangan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatangan prasasti Command Center yang dilakukan Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo. Selanjutnya Didiek didampingi Direktur Utama KAI Services,Tamsil Nurhamedi, Direktur Keuangan, Muhammad Widodo, Direktur Operasional, Bambang Suliastowo dan Komisaris Independen KAI Services, Suparni, juga berkesempatan melakukan peninjauan di ruang Command Center dan melihat langsung tim yang bekerja di Command Center serta visualisasi data yang ditampilkan di ruang Command Center.