Post image

Tingkatkan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat, KAI Services Gelar Pembinaan Teknis untuk Petugas Satpam Stasiun

17 October 2025 / BY Corporate Communication / IN news

Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kesiapsiagaan satuan pengamanan, KAI Services menggelar kegiatan Pembinaan Teknis Satpam dalam Menghadapi Situasi Darurat yang berlangsung di Auditorium KAI Services pada Selasa (14/10). Kegiatan ini diikuti oleh 116 peserta yang terdiri dari petugas satuan keamanan dari berbagai stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta.

Kegiatan ini menghadirkan Brigadir Polisi Ari Apriansa, S.H, selaku Bintara Pembina Polsuska Wilayah DAOP 1 Jakarta, sebagai pembicara. Dalam pemaparannya, Brigadir Ari membahas materi Manajemen Tanggap Darurat dan Strategi Penanganan Situasi Tanggap Darurat, yang mencakup pentingnya kesiapsiagaan, potensi dan kategori keadaan darurat, hingga elemen-elemen penanganan situasi darurat di lingkungan kerja, khususnya di area stasiun.

Selain pemaparan teori, kegiatan juga dilengkapi dengan simulasi penanganan keadaan darurat. Dalam sesi ini, para peserta mempraktikkan secara langsung langkah-langkah penanganan ketika terjadi situasi berisiko tinggi, seperti bencana gempa dan evakuasi korban. Melalui simulasi, peserta diajak untuk menerapkan strategi tanggap darurat yang cepat, tepat, dan terkoordinasi guna memastikan keselamatan bersama.

Peserta terlihat antusias dan aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Mereka berpartisipasi dalam diskusi, menjawab pertanyaan dari pembicara, dan menunjukkan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat melalui praktik simulasi.

Menurut Manager Corporate Communication KAI Services, Nyoman Suardhita, Dalam menjalankan tugasnya, pettugas satuan keamanan KAI Services sering bersinggungan dengan berbagai situasi yang dapat membahayakan seperti gempa bumi, untuk itu, kami berikan mereka pembekalan bagaimana menghadapi situasi darurat di lokasi kerja.

“Dari kegiatan ini diharapkan para satuan keamanan KAI Services dapat cepat tanggap menghadapi situasi darurat di lokasi kerja. Seperti ketika berada di stasiun, mereka bisa menyelamatkan dan mengarahkan para penumpang ke titik kumpul serta tidak panik menghadapi suasana gempa.” ujar Nyoman dalam keterangan resminya pada Kamis (16/10).

Melalui kegiatan pembinaan ini, KAI Services berharap dapat memperkuat peran satpam sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Pembinaan teknis ini juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, tangguh, dan responsif terhadap keadaan darurat.